Sunday, December 27, 2009

The chronologic of The Chronograph

waktu itu gw punya band sebelum The Chronograph !
tp gw ngerasa aneh ama band gw yg lama, pertama gw gak sregg' aja, kedua antara gw ama salah satu personil nya punya taste musik yg jauh berbeda, dan yaudah gw males nerusin gw mundur aja dr band itu.
suatu hari gw emang pgn bgt punya band yg oke, so gw hunting personil.
waktu itu yg ada di pikiran gw cuma satu orang, yaitu Anri drummer nya Chrono's.
knp dia ? wktu itu gw masih kelas satu SMA dan ada acara sekolah dan menyajikan alat musik, dan murid yg mau maen harus bayar.... anyway gw jg ikut tampil tuh, tp sama band yg lama, kita bawain lagu nya The Strokes yg Reptilia sama Last Nite, tapi kita nge bawain dengan TIDAK BAGUS !
damn !
nah balik lagi ke Anri. di acara itu si Anri maen juga, doi ngebentuk band dadakan gitu sma tmen sekelas nya, mereka bawain lagu nya Blink 182 sama lagunya MUSE, tp gw gak tau persis judul nya apa !
nah waktu itu sama Anri gak kenal, gw ngeliat doi perform sama band dadakan nya, gw ngeliat Anri maen drum, gw langsung kasih tanggepan kalo dia maen drum nya lumayan apik....
nah gw mulai ngebentuk project ini pas kelas dua SMA dan dari acara yang kelas satu itulah gw tertarik untuk ngebujuk die join di project chrono, anyway dia mau....
but wait ! I still need a guitarist !
hmmm siapa yeh ?
okay berawal dr tmen sekelas gw yg biasa di panggil Dio.
wktu itu dia minjem buku musik nya Samuel !
hahh siapa ?
Samuel ?
wahh gw gak tau, tp yg bikin gw cengo adalah, si Dio minjem buku Samuel tentang musik tapi musik nya outstanding yaitu buku musik Blues !
wahh gw mikir pasti si samuel punya taste musik yg cadas nih...
dan gw langsung nanya si Dio kalo si samuel itu emng tau musik2 kaya gitu ?
dan si Dio malah cerita panjang... kalo samuel malah mempunyai taste musik yg asooyyy... die suka jazz, blues...
wahhh gw langung kagum...
dan suatu hari si Dio mau ngebalikin buku musik nya samuel, dan gw ikut nemenin.
nah pas nge balikin mereka malah ngobrolin musik, dan si samuel langsung ngmongin musik yg asoy2... kaya Led Zeppelin, black sabbath, dan musik2 yg laen lah....
nah pas disitu gw sok nimbrung aja, brhubung gw rada tau tntang Led Zepp.
nah pas pencarian gitaris gw nanya sama Dio kalo si samuel itu mau gak maen band sama gw !?
si dio juga gak tau, dan gw suruh aja si dio buat tanyain....
mhhh... dan setau gw (udh lupa) kalo gak salah dio bilang kata nya si sam mau...
smenjak itu gw mulai deket ama samuel, dan ngomongin project chrono.
dan gw sama dia masih bingung siapa gitaris satu lg ?
dan si sam ngasih saran... gimana kalo Aris ?
Aris ?
emg bisa ? emg ngerti ?
anyway gw sama aris satu SMP, jd rada kenal lah...
tp gw liat profile nye aris di FB dan gw ngeliat fav. music nya gw langsung berpikir ni orang boleh juga taste musik nya, soal nye die nulis U2, wawww they are good right ?
yaudah gw langsung nyuruh samuel bwt ngajak si aris, walau wktu itu gw rada ragu.
nahhh suatu hari dio, samuel, aris, dan tmn gw satu lg maen ke rumah gw, berhubung hari itu drmh gw ada ampli dan efek, jd nya gw bsa liat gmn samuel ama aris maen gitar...
dan mereka cukup keren... sam yg sangat ngeblues dan si aris yg selalu bermain riff....
nah kendala project tau2 dateng dr anri... krn gw, aris, samuel udah oke tapi si anri blom kasih kabar nih... dan kita bertiga sempet ngeraguin si anri, but oneday doi gw ajak ngumpul drmh gw dgn kita bertiga dan anri pun mau !
nah pas drmh gw lah gw langsung ngasih materi lagu yg mau di bwaain.
waktu itu lagu yg mau di bawain adalah lagunya Arctic Monkeys yg Brianstorm sama Fake Tales of San Fransisco.
materi udah, tp latihan belom !!
yaudah gw lgsung nentuin kpn latihan, dan akhir nya kita latihan...
latihan pertama ada kendala.. yaitu di nyanyi...
rencana awal yg nyanyi itu gw, tp gw gak trlalu bisa maen bass sambil nyanyi, so gw suruh samuel aja, eh tau2 kok dia bisa yah terus suara nya pun cukup yahudd...
nahhh dr situ lah gw nentuin kalo die aja yg nyanyi....
nah di latihan yg keberapa kta latihan di studio jist, dan seusai latihan kita duduk2 di jist kita lagi nentuin dan mikirin nama buat kita krna waktu itu blom di tentuin namanya, nah yaudah kita nyari2 dan sempet ngalor ngidul nyari nama nya...
wait !!!!! eh tau2 kita ngeliat pintu employee nya jist, di situ ada poster jam gitu... nah tau2 ada nama Chronograph !
nah si samuel ngusulin, knp gak itu aja.... gw dan yg laen ngerasa boleh juga !
dan jrengggggggg....... kita menamakan diri kita The Chronograph !
oh iyaaa kita cuma butuh dua kali latihan bwt nyesuain satu sama laen.... kita cukup keren... hahaha !
dan waktu itu gw prnah ngubek2 myspace, dan ada gig gitu !
dan masih butuh band lagi... gw langsung ngomong sama yg laen tntang gig itu, dan mereka setuju....
and we got our first gig.
and our first gig goes normal, maklum masih awal2 !
dan bbrapa bulan kmudian gw jg ubek2 myspace dan dapet gig, dan kita maen lagi untuk kedua kali nya dan di tempat yg sama, yaitu di Parkit De Javu, Sarinah !
okeyyy di beberapa latihan pasca gig ke dua, tau2 si sam sama aris nemu suatu riff krna si samuel terinspirasi dari lagunye The Who yg My Generation. nah dr stu kita bsa nemuin lagu. dan pas awal2 kita udh dapet musik nya tp lyric nya belom, di situ ada kendala jugaa.....
nahhh si samuel pun ngebuat lyric, dan di beri judul "out of control" !
wahhh setelah kita maenin berulang2 ternyata kok asikkk banget yah, dan lagu kita juga mengalami bnyak bgt perombakan !
and !!!!!
finally we got our third gig !!!
gig yg ketiga cukup spesial bwt gw, krna ini cukup yoi gig nya, trus tmn gw juga ada yg ikut, dannnn kita ngebawain lagu kita sendiri !!!
hahhh dan itu cukup sukses, krna penonton cukup antusias sama lagu kita !!!
walaupun di gig kita yg ketiga itu ada kendala.....
nahh sampe sekarng kita masih mencari gig, dan meng cover lagu2 dr influences kita !!
tapi januari smpai kelar UAN kita vacum manggung dulu !!
kita fokusin ke pendidikan. kita emang bermusik, dan bisa di bilang cukup rebel....
tp kita juga sangat butuh pendidikan, krna tanpa pendidikan kita gak mau jdi orang yg terbelakang !
so sebenarnya kita2 ini cukup pintar loh...
haha !!
anyway gitu aja deh kronologis nya The Chronograph !
alias band gw yg sangat gw suka !!
haha !!
berharap kita akan maju di dalam musik komunitas !!
kita gak mau jadi band yg komersil gara2 duit !!
bermusik itu dari jiwa, bukan untuk gaya2an dan untuk melacur !!
kami gak mau melacur di dalam permusikan !!!
so..... keep your music fresh !!!!
that's all from me !!
ADIOS !!

No comments:

Post a Comment